Pakta Integritas

Apa itu Pakta Integritas? berdasarkan Wikiapbn, Pakta Integritas (bahasa Inggris: Integrity Pact) adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.[1] Pakta Integritas dituangkan ke dalam sebuah Dokumen Pakta Integritas.

Dalam konteks pengadaan barang/jasa pemerintah, Pakta Integritas merupakan surat pernyataan yang berisi ikrar untuk mencegah dan tidak melakukan kolusi, korupsi, dan nepotisme dalam Pengadaan Barang/Jasa.[2]

Dalam dunia konstruksi/kontraktor, Pakta Integritas biasanya dibuat pada saat awal pelaksanaan Prakualifikasi Tender dimana pemilik proyek/owner mengharapkan komitmen peserta tender agar melaksanakan proses tender dengan profesional dan tidak melakukan tindakan yang melawan hukum, terutama untuk tidak melakukan praktek KKN.

Pakta Integritas dibuat oleh Pimpinan Perusahaan, biasanya oleh Direktur Utama atau yang dikuasakan oleh Direktur Utama untuk mewakili perusahaan, dibuat diatas materai Rp. 6000 dengan atau tanpa kop Perusahaan.

Berikut salah satu contoh Pakta Integritas dalam bahasa Indonesia:


Contoh Pakta Integritas dalam bahasa Inggris (Integrity Pact):


Jika ingin mengunduh format pdf, silakan cari di halaman berikut (Download)
Sementara untuk tender online, seperti LPSE, Pakta Integritas diletakkan di bagian depan pada saat hendak mendaftarkan diri pada suatu tender proyek/pengadaan barang dengan format online signature.

You Might Also Like

0 komentar