Cara Mengecek Apakah SKA atau SKK Tenaga Ahli Masih Aktif Atau Sudah Expired

 Dengan masih banyaknya kasus klaim tenaga ahli oleh perusahaan lain di dunia kontraktor, bahkan di perusahaan saya sendiri, dari sekitar 25 orang yang memiliki SKA, terdapat 6 orang yang namanya dicatut perusahaan lain sebagai tenaga ahli mereka, yang artinya hampir mencapai 25% komposisi tenaga ahli kami tidak dapat kami berdayakan khususnya untuk keperluan pengurusan Sertifikat Badan Usaha (SBU).

Dalam hal ini, ada beberapa tenaga ahli yang dalam catatan arsip kami memiliki SKA yang sebenarnya sudah expired. Namun, saat kami coba cek di website SIMPAN PUPR dengan menggunakan akun SIKI tenaga ahli kami, terlihat tenaga ahli tersebut terdaftar atas nama Perusahaan lain. Ada yang terdaftar pada perusahaan lokal, ada pula yang terdaftar sebagai tenaga ahli di perusahaan China.

Maka, dalam hal untuk memastikan, apakah tenaga ahli tersebut memiliki SKA atau SKK terbaru yang kami tidak mengetahuinya, atau memang hanya memiliki SKA yang sebenarnya sudah expired yang sebelumnya kami urus dan hendak kami perpanjang, maka kami perlu mengecek informasi kepemilikan SKA/SKK tenaga ahli tersebut.

Sebelumnya saya coba mencari data tersebut di website SIKI LPJK melalui link https://siki.pu.go.id/search/search_tenaga_kerja. Sayangnya, untuk beberapa nama (kemungkinan dikarenakan SKAnya memang sudah expired, maka nama yang saya cari tidak muncul di pencarian). Dengan hasil tersebut, saya masih tidak yakin, maka saya harus mencari alternatif lain untuk mencari data tenaga ahli tersebut, sampai akhirnya saya menemukan website bernama cekskk.com

Dari tampilannya, saya tidak yakin ini website yang dikelola oleh PU. Namun, konsep website, menu, serta data yang disediakan justru lebih lengkap dibandingkan website yang disediakan oleh PU/LPJK seperti SIKI Client di atas. Hal ini sangat berguna bagi saya yang butuh konfirmasi mengenai sertifikat apa saja yang dimiliki tenaga ahli kami. Sehingga kami bisa action untuk mengurus pencabutan tenaga ahli kami.

Berikut tampilan websitenya:


Anda cukup mengetikkan nama lengkap tenaga ahli, maka hasilnya akan segera muncul, termasuk SKA yang sudah expired.




You Might Also Like

0 komentar