Template Contoh Surat Referensi Tenaga Kerja


Di postingan yang lalu, penulis sudah menginformasikan betapa pentingnya referensi pengalaman tenaga kerja, terutama untuk mengikuti tender di pemerintahan seperti postingan yang ini (Pentingnya Surat Referensi Pengalaman Tenaga Ahli).

Kenyataannya, untuk kontraktor swasta yang tidak terbiasa atau tidak pernah mengikuti tender maupun proyek pemerintah, cenderung tidak menjadikan surat referensi pengalaman tenaga kerja sebagai sesuatu yang penting.

Dengan kondisi tersebut, banyak yang kemudian tidak ngeh atau bahkan bingung jika suatu saat kontraktor memutuskan mengikuti tender pemerintah/BUMN, dikarenakan skor teknis untuk tenaga ahli jadi sangat berkurang akibat pengurangan poin di item pengalaman tenaga ahli yang tidak dicover surat referensi.

Untuk menjembatani, atau membantu agar para kontraktor swasta yang ingin menyiapkan diri mengikuti tender pemerintah/BUMN, berikut ini kami coba sediakan template contoh surat referensi yang bisa dibuat atau diminta ke pemberi kerja.


Ada baiknya template ini diketik ulang dalam bentuk word untuk kemudian diserahkan draftnya ke pemberi kerja untuk mempermudah prosesnya. Karena jika pemberi kerja yang diminta surat harus juga membuat dari 0, maka bisa dipastikan prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

Penanda tangan juga cukup oleh Project Manager atau Project Director saja.

You Might Also Like

0 komentar