Tips Mendaftar pada Vendor Management System PT. Angkasa Pura II


Jika Perusahaan Anda ingin mengikuti proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan PT. Angkasa Pura II (AP II), maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjadi rekanan AP II dan terdaftar serta terverifikasi pada Vendor Management System (VMS) yang sudah disediakan oleh AP II.

Sebagaimana diketahui, AP II adalah salah satu Perusahaan yang telah menerapkan sistem pengadaan barang dan jasa secara online dengan misi mempermudah proses dan paperless. Pengalaman Admin selama mengikuti proses pengadaan di AP II, VMS AP II termasuk salah satu yang paling stabil servernya dan menyediakan space yang cukup besar dalam penguploadan dokumen ke server.

Mengenai detail/manual pendaftaran rekanan AP II dapat dibaca di sini.

Sementara untuk beberapa form yang harus disiapkan, bisa didownload di sini (pdf) atau di sini (word).

Dalam postingan ini, Admin hendak menginformasikan beberapa tips kecil yang mungkin bisa mempermudah proses pendaftaran menjadi rekanan di VMS AP II, antara lain:

  • Lengkapi kebutuhan data sebagaimana dipersyaratkan di manual di atas dalam bentuk softcopy (pdf)
  • Cari kantor perwakilan terdekat AP 2 untuk mempermudah verifikasi data (untuk kasus kami, Jakarta Timur lebih dekat ke Bandara Halim Perdanakusuma)
  • Beberapa data yang perlu diverifikasi antara lain: [utama] SBU (ini yang paling utama, karena menentukan kualifikasi Perusahaan Anda, misalnya saja jika telah terverifikasi Perusahaan Anda memiliki SBU Grade B2 untuk BG004, maka secara otomatis AP II akan mengirimkan undangan tender untuk semua proyek yang mempersyaratkan pesertanya memiliki SBU Kualifikasi B2 untuk BG004. Sehingga Anda tidak perlu bolak balik mengecek VMS dan secara manual mendaftar tender yang ingin diikuti), Akta Pendirian dan Perubahan Terakhir, NPWP-SKT-PKP, Legalitas (SIUJK, TDP, SIUP, dst), Pengalaman Pekerjaan (untuk masing-masing kualifikasi pekerjaan: Sipil, Bangunan Gedung, Mekanikal, Elektrikal, cukup diisi 1 pengalaman disertai bukti asli kontrak).
  • Siapkan terutama copy KTP, Ijazah, dan Sertifikat untuk Tenaga Ahli
  • KTP dan NPWP Pengurus Perusahaan
  • Nomor Rekening Perusahaan (bisa diambil dari buku tabungan atau salah satu halaman rekening koran)
  • Surat-surat pernyataan sesuai form yang telah disediakan (asli dibawa saat verifikasi ke kantor AP II)
  • Surat Kuasa (kecuali jika verifikasi dokumen dilakukan oleh Direktur Perusahaan)
  • Minta kontak/nomor hape petugas verifikasi AP II untuk mempermudah proses verifikasi jika ada beberapa dokumen yang kurang.

Sementara itu saja tips yang bisa Admin siapkan. Pengalaman Admin, secara keseluruhan hanya dibutuhkan sekitar 3-4 hari untuk menyiapkan dan sekaligus proses verifikasi data hingga dinyatakan memenuhi persyaratan untuk mengikuti proses pengadaan yang diadakan oleh AP II.

Untuk proses selanjutnya mengenai tata cara mengikuti tender di AP II melalui VMS akan dijelaskan di postingan berikutnya.

You Might Also Like

0 komentar